Amal jama’i berarti bekerjasama, yang didalamnya mengandung makna saling tolong menolong, bahu membahu sehingga sebuah pekerjaan yang besar terasa ringan dan mudah. Lalu, seharusnya setiap muslim mengerti dan mamahami maknanya.

Hari ini lagi-lagi aku tidak habis pikir, ada seorang teman yang ya memang si aku baru mengenalnya 6 bulan, tapi akhir-akhir ini sikapnya sungguh membuatku heran. Aku jadi bertanya-tanya, apa karena aku baru sekarang mengenal sifatnya tersebut ataukah dia sedang ada masalah yang membuatnya bersikap seperti itu…..

Dulu dia kukenal sebagai orang yang baik, tekun, dan suka mengalah. Dia masih melakukan tugasnya dan tugas kelompok dengan baik. Lalu lama2 aku sebel dengan sikap egoisnya, yang selalu minta dibantu saat butuh tapi tidak mau tahu setelah urusannya selesai. Dan sekarang aku dibuatnya jengkel karena kerjaanya hanya menyuruh, manja dan tidak mau membantu saat dibutuhkan, rasanya yang ada di pikirannya adalah ‘itu kan tugasmu, aku ga bisa, rugi dong kalo aku mbantuin kamu, kalo aku kerja kamu juga harus kerja dong’.

Hhhh…….

 

Buat Mas yang merasa, bukankah hari ini harus lebih baik dari kemaren? Dan esok harus lebih baik dari hari ini? Dan bukankah jika kita berbuat baik itu seperti berbuat kebaikan untuk diri kita sendiri?

Mari kita bersama belajar untuk menjadi lebih baik, lebih menyenangkan, lebih ikhlas, belajar itsar (mendahulukan kepentingan saudaranya), dan lebih dewasa. Ya. ^_^